Pola Harmonik Gartley – Menentukan Reversal dengan tepat 2018

Pola Harmonik Gartley pertama kali ditemukan oleh trader cerdas bernama Harold McKinley Gartley. Pada  pertengahan tahun 1930-an,  Gartley menciptakan pola tersebut selama dia bekerja sebagai penasehat pasar saham.  Menurut beliau, pola-pola Fibonacci yang ditemukannya mampu menyelesaikan dua masalah terbesar seorang trader, yaitu;

  1. pada aset apa dan
  2. kapan harus melakukan buy.

Tak lama kemudian, para pelaku pasar mulai menyadari bahwa pola ini juga bisa diterapkan tidak hanya di pasar saham, melainkan juga pada pasar-pasar lainnya.

Pola 222

Pola Gartley dikenal juga sebagai pola 222 karena nama itu diambil dari sebuah halaman yang ditemukan di dalam buku Harold M. Gartley, “Profit in the Stock Market”.  Pada dasarnya, pola Gartley adalah pengembangan pola dasar ABCD, tetapi diawali dengan harga tinggi atau rendah signifikan.

Pola Gartley biasanya terbentuk ketika sedang berlangsung sebuah koreksi  (biasanya pada gelombang korektif ABC elliot wave) dari pergerakan suatu tren harga. Sekilas, pola tersebut akan terlihat seperti huruf ‘M’ untuk bullish  (atau ‘W’ untuk pola bearish). Pola ini digunakan untuk membantu para trader dalam menemukan di mana waktu titik level harga terbaik untuk masuk pasar (Order Pending).

Pola-Gartley Bearish Bullish

Bagaiman karakteristik pola gartley bullish/bearish?

Pola ini terdiri dari pola ABCD bullish maupun bearish, akan tetapi didahului dengan titik (X) yang berada di luar D. Intinya, pola Gartley ”sempurna” memiliki karakteristik sebagai berikut :

  • Garis AB adalah retracement sebesar 0.618 dari XA.
  • Garis BC berupa retracement sebesar 0.382 atau 0.886 dari garis AB.
  • Garis CD :
    1. Jika retracement BC 0.382, maka CD harus bergerak 1.272 dari BC.
    2. Sedangkan jika BC adalah 0.886, maka CD harus diperluas 1.618 dari BC.
  • Kaki CD adalah retracement sebesar 0.786 retracement dari XA.

 

Strategi trading dengan pola Gartley ini cukup mudah untuk dipelajari, asalkan mampu mendeteksi sinyal entry dan exit yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *